Headlines News :
Home » » Rumah Sakit Kalisat Krisis Air

Rumah Sakit Kalisat Krisis Air

Written By info kerja on Rabu, 12 Oktober 2011 | 12.52

Jember  - Rumah Sakit Daerah Kalisat mengalami krisis air, menyusul kemarau yang belum berakhir. Akibatnya, rumah sakit terpaksa mendatangkan air dari Perusahaan Daerah Air Minum.

Humas Pemkab Jember melansir, rumah sakit di kawasan utara Jember itu harus mendatangkan sedikitnya dua truk tangki air dari PDAM setiap hari. Bahkan, ada rencana untuk mendatangkan tiga truk tangi, karena pasokan dua tangki dirasa kurang.

Krisis air ini sudah dirasakan sejak Ramadan, Agustus lalu. Ini terparah selama satu dasawarsa terakhir. Rumah sakit ini belum pernah sama sekali kehabisan air.

"RSD Kalisat terpaksa membeli langsung air bersih dari PDAM, karena air sangat dibutuhkan tidak hanya bagi pasien, tapi juga keperluan lain seperti memasak dan mencuci. tanpa air sulit dibayangkan aktiVitas rumah sakit akan terganggu dan dikeluhkan oleh pasien," kata Mochammad Yasin Wiradihalki, Kepala Subbagian Penyusunan Program RSD Kalisat.
 
RSD Kalisat berencana membuat sumur bor atau artesis agar permasalahan air di saat musim kemarau bisa teratasi. Namun di Kecamatan Kalisat, air sulit keluar meskipun sudah mencapai kedalaman 100 meter. Kalau hal tersebut dipaksakan, hanya membuang anggaran.


Mendatangkan air dari PDAM adalah solusi. Air ini dimasukkan dalam tandon penampungan, sebelum dialirkan ke dapur, kamar mandi pasien maupun tempat cucian. Dari tandon penampungan air di bawah kemudian air PDAM tersebut akan diteruskan kembali ke tandon atas dengan menggunakan mesin pompa air.
Share this post :
 
Support : Creating Website | DONNAFM BLITAR | website
Copyright © 2011. donnafm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DONNAFM BLITAR
Proudly powered by DonnaFm Indonesia