Headlines News :
Home » » Akhirnya Kunci Rumah Kenangan Bung Karno Diserahkan

Akhirnya Kunci Rumah Kenangan Bung Karno Diserahkan

Written By info kerja on Rabu, 30 November 2011 | 11.20

BLITAR - Ahli waris rumah peninggalan keluarga Presiden Soekarno (Bung Karno) resmi menyerahkan kunci rumah berjuluk Istana Gebang itu kepada Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur.

Kunci diserahkan setelah kekurangan uang pembelian rumah sebesar Rp15 miliar diserahkan Pemkot kepada cucu mendiang Ny Soekarmini Wardojo atau kakak kandung Bung Karno.

“Penyerahan kunci itu disaksikan notaris. Dengan demikian Istana Gebang kini resmi menjadi milik Pemerintah Kota Blitar,” ujar Sekda Kota Blitar Ichwanto.

Sebelumnya, Pemkot Blitar dan Pemprov Jatim telah menyerahkan uang sebagai pembayaran awal Istana Gebang sebesar Rp20 miliar dari total Rp35 miliar yang disepakati. Dalam konsorsium pembayaran, Pemprov Jatim berkewajiban menyetorkan Rp25 miliar dan Pemkot Blitar Rp10 miliar.

Menurut Ichwanto pembayaran sisa uang pembelian dilakukan dengan cara transfer ke rekening bank salah seorang ahli waris. “Rekening penerimanya atas nama Bambang Sukaputra yang ditunjuk sebagai perwakilan keluarga,” terangnya.

Pemkot Blitar selanjutnya akan menerapkan konsep pengelolaan Istana Gebang. Konsep besarnya adalah mengubah rumah masa kecil Bung Karno menjadi museum sejarah yang bernama Soekarno. Sebab, selain foto, ada juga lukisan dan perabot rumah tangga di dalam bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 1,4 hektare itu. Pusaka dan kendaraan pribadi Presiden Pertama RI itu juga masih tersimpan rapi.

“Kami juga akan mengurus sertifikat tanah ini ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menjadi aset Pemkot Blitar. Untuk bangunan induknya tidak akan dipugar,” paparnya.

Mengenai keluarga yang masih bertempat tinggal di lingkungan Istana Gebang, Pemkot Blitar memberi toleransi waktu hingga 14 hari mulai Senin kemarin.

Sementara itu Bambang Sukaputra selaku perwakilan ahli waris menyatakan terima kasih kepada Pemerintah yang telah melakukan upaya penyelamatan asset bangsa. “Dengan menjadi museum, kami berharap nilai sejarah di dalam rumah akan tetap dilestarikan,“ ungkapnya.

(Solichan Arif/Koran SI/ton)
Share this post :
 
Support : Creating Website | DONNAFM BLITAR | website
Copyright © 2011. donnafm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DONNAFM BLITAR
Proudly powered by DonnaFm Indonesia