Headlines News :
Home » » Logo ITS Dibajak Rusia ,Pembuatan Logo Baru ITS yang Diterima Pasar Global Butuh 6 Bulan

Logo ITS Dibajak Rusia ,Pembuatan Logo Baru ITS yang Diterima Pasar Global Butuh 6 Bulan

Written By info kerja on Jumat, 02 Maret 2012 | 16.42

Surabaya - Proses pembuatan logo baru ITS Surabaya makan waktu lama. Agar tak ada kesamaan, tim telah mencari perbandingan hingga luar negeri. Tapi, logo sebuah perusahaan di Rusia nyaris sama dengan logo ITS.

Seperti informasi yang dilansir website resmi ITS, proses pembuatan logo itu dimulai dari keluarnya SK Rektor ITS tentang tim review identitas ITS pada 2 Mei 2005. Tim review identitas ITS beranggotakan delapan dosen senior. Mereka dipimpin Ketua Jurusan Desain Produksi Baroto Tavip Indrodjarwo.

Dari informasi yang dihimpun, para anggotanya adalah Mahmud Zaki (Teknik Fisika), Triyogi yuwono (dekan Fakultas Teknik Industri), Azhar Imron (dekan Fakultas Teknik Kelautan), Sudrajat (ketua PIMP-ITS), Agus Windarto (dosen Jurusan Dispro), Bambang Sumardiono (ketua Jurusan Arsitektur), Suyatman (dosen Dispro) dan Budiono (dosen Dispro).

Tim bekerja keras untuk bisa menciptakan logo yang memiliki nuansa modern namun tanpa harus menghilangkan nilai sejarahnya.

Langkah permulaan yang ditempuh Baroto Tavip Indrodjarwo Cs adalah mencari materi perbandingan hingga dari luar negeri. Tujuannya selain sebagai inspirasi, juga agar tidak ada kesamaan dengan lembaga pendidikan lainnya.

Salain itu, tim review juga mempertimbangkan penambahan identitas ITS. Langkah itu ditempuh karena pada logo lama tidak terdapat identitas yang menunjukkan ITS. Resiko logo lama adalah banyak yang salah menerjemahkan arti ITS.

Soal warna pun tidak disepelekan. Tim beranggapan pewarnaan logo baru yang diresmikan pada 10 November 2005 itu lebih sedernaha. Dipilihlah warna biru.

Masih dikutip dari website resmi ITS, proses pembuatan logo selanjutnya lebih mulus. Sebab para anggota tim sebagian besar sehari-harinya berkutat pada desain sehingga tidak rumit menciptakan logo baru yang bisa diterima pasar global.

Saat presentasi logo baru, tim menerima banyak masukan dan usulan. Namun akhirnya setelah melalui pertimbangan berbagai pihak, logo baru ITS digedok.

Jika dibandingkan logo lama ITS, ada beberapa perubahan yang cukup mendasar pada logo baru. Salah satunya, adanya penambahan tulisan nama ITS beserta kepanjangannya. Pada logo lama tidak ada nama ITS beserta kepanjangannya.

Selain itu, perubahan ada pada perisai di belakang logo ITS. Logo lama ITS hanya berdiri sendiri tanpa ada perisai yang melatarbelakangi. Juga, ada perubahan warna pada logo baru. Yakni, warnanya tidak lagi menggunakan warna biru dan emas.

Humas ITS Tjatwari Atisoendari saat dikonfirmasi enggan memberikan penjelasan mengenai kembarnya logo ITS dengan erusahaan Rusia bernama Inkom TehSnab.

"Saya sudah tahu sejak kemarin. Saya beri nomer yang bisa menjawab," kilah Tjatwari Atisoendari, Jumat (2/3/2012). Namun nomer Baroto Tavip Indrodjarwo yang diberikan Tjatwari Atisoendari, tidak bisa dihubungi.
Share this post :
 
Support : Creating Website | DONNAFM BLITAR | website
Copyright © 2011. donnafm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DONNAFM BLITAR
Proudly powered by DonnaFm Indonesia