Headlines News :

Tips Jogging Untuk Pemula

Written By info kerja on Selasa, 07 Januari 2014 | 07.06

Apakah Anda berencana untuk memulai Jogging dalam waktu dekat, atau mungkin sudah mulai melakukannya saat ini? Jogging merupakan salah satu alternatif olahraga bagi mereka yang tidak punya cukup waktu untuk pergi ke pusat kebugaran.

Jika Anda baru akan memulai jogging, patut mempersiapkan diri agar terhindar dari risiko cedera. Lalu sebagai pelari pemula apa saja yang patut Anda persiapkan? 

1. Minum Air Putih
Tips paling mudah dan praktis bagi beginning runner adalah minum banyak air. Dengan air maka Anda tidak akan dehidrasi saat berlari. Ion-ion tubuh pun akan cepat terganti dengan air putih. Hindari soda, kopi atau teh yang malah semakin membuat Anda merasa semakin haus. Menyeruput segelas jus alami juga bagus untuk pembakaran kalori ketika Anda jogging.

2. Mulailah Secara Perlahan
Jangan bermimpi untuk langsung berlari dengan jarak jauh. Coba mulai dengan jarak yang pendek dulu, misalnya 100 meter atau 200 meter saja. Setelah itu, tambahkan jarak lari Anda seiring bertambahnya hari. Dengkarkan suara tubuh, kapan Anda harus berhenti dan mulai berjalan santai. Tidak bagus untuk memaksakan terus berlari padahal tubuh Anda sudah letih. Atur napas lalu coba berlari lagi. Perlahan tapi pasti, jarak yang Anda tempuh akan bertambah.

3. Tetap Motivasi Diri Sendiri
Sama seperti hal lainnya dalam hidup, berlari juga membutuhkan waktu untuk membentuk kebiasaan pada diri Anda. Kuncinya tetap motivasi diri Anda sendiri. Jika mulai merasa bosan, carilah rute lari yang berbeda atau ajak teman untuk berjogging bersama Anda.

4. Tentukan Tujuan
Salah satu cara terbaik untuk tetap termotivasi adalah dengan menentukan tujuan akhir. Misalnya, yakinkan diri Anda untuk bisa berlari sejauh 5 km dalam waktu satu bulan atau buat tantangan berjalan tanpa henti dalam waktu satu jam di akhir minggu. Dengan menanamkan tujuan akhir di pikiran, maka Anda akan fokus dan bekerja keras untuk mencapainya.


5. Konsumsi Makanan Sehat
Saat berlari, tubuh akan bekerja lebih keras dibandingkan biasanya. Oleh karena itu isilah perut Anda dengan makanan yang baik. Sebaiknya konsumsi buah-buahan, sayuran, protein, daging tanpa lemak, gandum utuh, biji-bijian, dan vitamin. Katakan tidak pada makanan cepat saji, junk food dan makanan olahan. Tubuh akan berterima kasih atas asupan bergizi dan Anda akan merasakan kinerja tubuh yang lebih baik.

6. Jaga Diri Agar Tetap Aman
Bagi pemula pastikan bahwa Anda sangat menguasai area tempat Anda berlari. Jika Anda jogging di malam hari bukan tidak mungkin ada kemungkinan untuk diculik, disakiti atau bahkan lebih buruk. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut, jadi pilihlah waktu berlari di siang hari dan di tempat yang Anda kenal serta ramai. Untuk berjaga-jaga bawalah pisau atau semprotan merica setiap kali jogging. Percaya pada insting, ketika Anda melihat sesuatu yang tidak beres segera hindari itu.

7. Lakukan Kombinasi
Cepat merasa bosan atau lelah merupakan hal yang biasa terjadi bagi pemula. Mengombinasikan rutinitas berlari Anda dengan latihan lain bisa jadi jalan keluarnya. Jika hari ini Anda berlari, maka besok ganti lari dengan bersepeda. Keesokan harinya bisa dengan jalan santai atau lompat tali. Buatlah kegiatan tersebut berselang-seling agar Anda tidak merasa bosan.

Share this post :
 
Support : Creating Website | DONNAFM BLITAR | website
Copyright © 2011. donnafm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DONNAFM BLITAR
Proudly powered by DonnaFm Indonesia