Headlines News :
Home » , , , , , , , , , , , » Kurang Lebih 1.000 Siswa SMAN 1 Papar Mengikuti Sosialisasi Genre dari DPR RI (blitartimes.com)

Kurang Lebih 1.000 Siswa SMAN 1 Papar Mengikuti Sosialisasi Genre dari DPR RI (blitartimes.com)

Written By info kerja on Minggu, 20 November 2016 | 16.16

BLITARTIMES – Anggota Komisi IX DPR RI Ir H Rizki Sadig bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur gencar melakukan sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) kepada para siswa di berbagai wilayah eks Karesidenan Kediri.

Upaya ini salah satunya dengan menggelar dialog interaktif dan pentas seni Genre Ceria di SMAN 1 Papar, Kabupaten Kediri, Sabtu (19/11/2016).

Acara yang diikuti 1.000 lebih siswa itu menghadirkan narasumber Nunuk Lestari Rahayu dari Koalisi Kependudukan untuk Indonesia yang mewkili  BKKBN Jatim , Imam Khanafi dari BNN Kabupaten Kediri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri Iskak, dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kediri.


Kepala SMAN 1 Papar Drs H M. Tamyis mengungkapkan, kegiatan ini sangat bagus sebagai sarana membentengi siswa dari penyimpangan sosial. “Banyak penyimpangan sosial terjadi karena ketidakpahaman siswa soal seks bebas dan narkoba. Dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk mewaspadai banyak faktor yang membuat mmereka terjerumus dalam seks bebas dan narkoba. Kami sangat bersyukur sekali sekolah kami dipilih untuk kegiatan ini karena tidak semua sekolah di Kediri memperoleh kesempatan ini. Hanya ada tiga sekolah. Salah satunya adalah SMAN 1 Papar,” ungkapnya.

Penyuluh BNN Kabupaten Kediri  Imam Khanafi,  dalam sosialisasinya, menekankan tentang jenis dan bahaya narkoba.  Dia juga menjelaskan BNN terus berupaya menekan angka penyalahgunaan narkoba dengan mengintegrasikan P4GN dalam kurikulum yang diajarkan di sekolah.

“Sekolah menjadi fokus sasaran agar siswa. Jadi, sekolah akan tahu apa itu narkoba dan paham narkoba itu haram. Narkoba harus dihindari karena bisa membuat sakit dan bisa berakibat yang mengonsumsi meninggal dunia,” tandasnya.

Nunuk Lestari Rahayu, wakil dari BKKBN Jawa Timur, menyatakan, program genre ini sebagai upaya agar generasi muda benar-benar menata masa depannya. Kerja sama dengan Ir H Rizki Sadig ini sangat bagus untuk memasifkan Program Genre agar semakin mengena di masyarakat.

 “Melalui Genre ini siswa dan remaja diajak merencanakan pendidikannya, kariernya, dan rumah tangganya. Salah satu impelemtasi Genre adalah melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-KRR) yang didirikan di setiap sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Iskak, wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri yang hadir sebagai narasumber mewakili Rizki Sadig, mengungkapkan program genre ini cocok dengan kondisi saat ini. Yaitu permasalahan seputar seksualitas, HIV/ AIDS, rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, dan median usia kawin pertama perempuan yang relatif masih rendah

“Genre itu harapan Indonesia di masa depan. Saya siap mendampingi membuat gerakan genre yg lebih masif. Nanti DPRD akan  ambilkan anggaran dari dinas pendidikan untuk gerakan ini agar tak ada lagi anak yang ngamen di perempatan lampu merah,” ujarny.

Acara yang digelar di lapangan SMAN 1 Papar ini berjalan meriah. Selain sosialisasi juga dirangkai dengan undian berhadiah dan dengan pentas seni yang melibatkan siswa sekolah. Para siswa menampilkan dance, tari-tarian, dan musik band.

Acara bertambah semarak dengan penampilan The Floyd, band Kediri yang popularitasnya sedang naik daun.

Dalam kesempatan ini, BKKBN Provinsi Jatim juga memberikan bantuan kepada SMAN 1 Papar untuk pelaksanaan program Genre.(*)
Share this post :
 
Support : Creating Website | DONNAFM BLITAR | website
Copyright © 2011. donnafm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DONNAFM BLITAR
Proudly powered by DonnaFm Indonesia